Kalau dulu sewaktu kita masih kelas 1 atau 2 SD, saat pelajaran PKn mungkin pernah ada soal “Menyontek merupakan perbuatan…” dan kita jawab “Tercela”. Nah loh, tapi kenapa pas udah gedenya nyontek?  Enak sih mungkin tanpa belajar kita bisa dapet nilai bagus, tapi pasti ada dampak negatifnya dong? Apa aja sih kira kira dampak negatifnya nyontek? Mungkin ini hanya sebagian ya dan hanya yang aku tau.

  1. Jadi males belajar, karena sudah terbiasa nyontek
  2. Tentu saja nyontek itu dosa (yang saya tau)
  3. Kita ngga tau kemampuan kita itu seberapa
  4. Bisa ngecewain orang
  5. Bisa menyebabkan ketagihan (mungkin)
  6. dll

Apa bedanya sama kerja sama? Mungkin kalau kerja sama lebih mendingan daripada nyontek. tapi tetep aja ngeselin juga. Coba bayangin kalau misalnya temen kita nyontek atau kerja sama, terus kita ngga nyontek atau kerja sama. Akhirnya, nilai kita lebih rendah daripada temen kita yang nyontek atau kerjasama. Pasti, rasa kesal ada.

Herannya, kalau yang aku lihat, banyak orang yang melakukan hal-hal yang saya sebutkan di atas, tapi wajah mereka tidak menunjukkan rasa menyesal. Mereka malah bangga dan senang.

Saya? Jujur, saya pernah melakukannya. Tapi , setelah saya melakukannya, saya menyesalinya. Akhirnya, saya berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengulanginya lagi. Lagipula benar kok apa yang orang bilang, kalau dapat niali 100 dari hasil nyontek akan kerja sama rasanya akan berbeda dengan dapat 80 tapi hasil kerja keras sendiri.

Jadi, SAY NO TO CHEAT and SAY YES TO VITA IMUT! (haduuh narsis dikit boleh ya? hhe)

So, guys, masih mau nyontek? Pikir-pikir dulu deeh